JARINGAN Or NETWORK

Diposting oleh ian_permanaputra On 22.23

Network adalah;
Merupakan jaringan antar komputer yang menghubungkan satu komputer dengan jaringan lainnya. untuk menyusun jaringan ini, diperlukan perencanaan dari jaringan yang dibangun yang disebut dengan topology. scope jaringan itu sendiri dibagi menjadi tiga, yaitu LAN, WAN, dan MAN. Perangkat yang dibutuhkan untuk mendukung jaringan diantaranya card jaringan.
aringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:
• Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
• Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
• Akses informasi: contohnya web browsing
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Klasifikasi Berdasarkan skala :
• Personal Area Network (PAN)
• Campus Area Network (CAN)
• Local Area Network (LAN): suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas.
• Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10-50 km.
• Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kota, negara, dan benua. ini sama dengan internet.
• Global Area Network (GAN)
Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:
• Client-server
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.
• Peer-to-peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.
Arsitektur komputer jaringan, atau disebut juga dengan network architecture. bagaimana suatu jaringan disusun sedemikian rupa sehingga mesin lainnya dapat saling terhubung satu dengan lainnya. Konfigurasi ini dapat berupa point to point network, star network, hierarchical tree network, loop network, ring network, bus network, web network, atau meta network.

Topologi adalah ‘Topologi (dari bahasa Yunani τόπος, "tempat", dan λόγος, "ilmu") merupakan cabang matematika yang bersangkutan dengan tata ruang yang tidak berubah dalam deformasi dwikontinu (yaitu ruang yang dapat ditekuk, dilipat, disusut, direntangkan, dan dipilin tetapi tidak diperkenankan untuk dipotong, dirobek, ditusuk atau dilekatkan). Ia muncul melalui pengembangan konsep dari geometri dan teori himpunan, seperti ruang, dimensi, bentuk, transformasi.
Ide yang sekarang diklasifikasikan kedalam topologi telah dinyatakan semenjak 1736, dan pada akhir abad ke-19 sebuah ilmu yang jelas terpisah dikembangkan. Ilmu ini disebut dalam bahasa Latin sebagai geometria situs ( "geometri dari tempat") atau analisis situs (Yunani-Latin untuk "pengkajian tempat "), dan kemudian memperoleh nama mutakhir topologi. Di tengah-tengah abad ke-20, ilmu ini adalah kawasan pertumbuhan yangpenting dalam matematika.
Kata topologi digunakan baik untuk cabang matematika dan untuk keluarga himpunan dengan beberapa properti yang digunakan untuk menentukan ruang topologis, objek dasar dari topologi. Beberapa yang penting adalah homeomorfisme, yang dapat didefinisikan sebagai fungsi malar dengan balikan malar pula. Misalnya, fungsi y = x3 adalah homeomordisme dari deret nyata.
Topologi mencakup banyak subbidang. Bagian yang paling mendasar dan tradisional dalam topologi adalah:
• Topologi titik-himpunan, yang menetapkan dasar aspek topologi dan menyelidiki konsep yang hakiki pada ruang topologi - contoh dasar adalah kekompakan dan kesinambungan.
• Aljabar topologi, yang umumnya mencoba untuk mengukur tingkat kesinambungan menggunakan konstruksi aljabar seperti kelompok homotopi, homology
• Topologi geometris yang terutamanya mengkaji manifold dan pembenamannya (penempatannya) di manifold lainnya.
Beberapa bidang yang paling aktif, seperti topologi dimensi rendah dan teori grafik, tidak muat dengan rapi dalam pembagian ini.
Daftar isi
[sembunyikan]
• 1 Definisi topologi:
• 2 Sifat-sifat Topologi
• 3 Ruang Topologi
• 4 Homeomorphisme
• 5 Lihat pula
• 6 Pranala luar

[sunting] Definisi topologi:
• Abstraksi geometri dimana konsep jarak absolut dibuang, dan kita melihat sub himpunan geometri tak gayut ukuran, bentuk atau lokasi.
• Studi dasar-dasar teoritik himpunan untuk konsep fungsi kontinu.
• Studi himpunan yang memiliki beberapa ide "kedekatan" titik yang ditetapkan.

Topologi berkenaan dengan studi sifat-sifat topologi dari bentuk, yakni sifat yang tidak berubah dalam transformasi bikontinu satu-satu (disebut homeomorphisme).
Dua bentuk dapat dideformasi dari satu menjadi yang lain disebut homeomorphis, dan dipandang sama dari tinjauan topologi. Sebagai contoh, kubus padat dan bola padat adalah homeomorphis.
Akan tetapi, tidaklah mungkin untuk mendeformasi bola menjadi lingkaran oleh transformasi bikontinu satu-satu. Dimensi adalah sifat topologi. Dalam makna, sifat topologi adalah sifat bentuk yang lebih mendalam.
[sunting] Sifat-sifat Topologi
Dalam topologi dan bidang matematika terkait, sifat topologi atau invarian topologi adalah sifat ruang topologi yang invarian dalam homeomorphisme. Jika diberikan dua ruang topologi X dan Y dan homeomorphisme f antara mereka, sifat topologi untuk sub himpunan A dari X berlaku jika dan hanya jika ia berlaku untuk f(A).
Soal umum dalam topologi adalah memutuskan apakah dua ruang topologi homeomorphis atau tidak homeomorphis. Untuk membuktikan bahwa dua ruang adalah homeomorphis, cukup untuk menemukan sifat topologi yang tidak terbagi oleh mereka.
[sunting] Ruang Topologi
Ruang topologi adalah struktur yang memperkenankan kita untuk memformalkan konsep seperti konvergensi, keterhubungan (connectedness) dan kontinuitas.
[sunting] Homeomorphisme
Dalam bidang topologi, homeomorphisme atau isomorphisme topologi (dari bahasa Yunani, homeos = identik dan morphe = bentuk) adalah isomorphisme khusus antara ruang topologi yang memenuhi sifat-sifat topologi. Dua ruang dengan homeomorphisme antara mereka disebut homeomorphis. Dari tinjauan topologi mereka adalah sama.
Secara kasar dapat dikatakan, ruang topologi adalah objek geometri dan homeomorphisme adalah peregangan dan pembengkokan kontinu dari suatu objek menjadi objek bentuk baru. Jadi persegi dan lingkaran adalah homeomorphis. Dalam tinjauan topologi, cangkir bergagang satu dan kue donat adalah sama.

Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:
• Topologi bus
• Topologi bintang
• Topologi cincin
• Topologi mesh
• Topologi pohon
• Topologi linier
Konfigurasi Sistem
Bab ini membahas bagaimana mengkonfigurasi beberapa setting pada Linux secara umum. Bahasan utama mempergunakan distribusi Slackware, dengan tambahan catatan pada distribusi SuSE dan RedHat untuk seting mempergunakan program bantu. Pilihan Slackware sebagai bahasan utama dilatarbelakangi oleh sebab bahwa seting di Slackware sebagian besar manual (tidak memiliki program bantu) sehingga bisa diterapkan pada Linux semua distribusi. Penambahan informasi dengan program bantu, pada prinsipnya hanya mempermudah dalam konfigurasi, namun mempunyai keterbatasan hanya berlaku di satu distribusi saja.
Konfigurasi dasar yang disampaikan di bab ini cukup untuk membuat Linux dapat dimanfaatkan sebagai server ataupun workstation pada jaringan. Pertama adalah review apa yang sebetulnya terjadi pada Linux saat komputer booting.
KONFIGURASI NETWORK (JARINGAN)
BASIS DATA JARINGAN
Plan 9 menggunakan sebuah basis data tunggal untuk menyimpan semua konfigurasi
informasi jaringan terkait di dalam system.
Basis data menyimpan konfigurasi untuk mesin yang diidentifikasikan secara spesifik
oleh instalasi local, konfigurasi awal untuk mesin di keterangan-keterangan subnets,
informasi resolusi nama domain, dan memetakan antara nama layanan TCP dan nomor
port diantara hal yang lain.
Basis data dirakit dari sejumlah file-file teks yang memuat sejumlah struktur
penyimpanan.
Sumber awal dari basis data adalah file teks /lib/ndb/local. Masukan yang paling penting
pada file tersebut adalah “database=” entry, yang menspesifikasikan sebuah daftar file-
file yang lain yang dimasukkan. Sebagai contoh,
database=
file=/lib/ndb/local
file=/lib/ndb/local-cs
file=/lib/ndb/common
Itu semua berasal dari isi file ini dan yang terdapat di dalam daftar dimana basis data
dirakit.
Secara konvensional, file /lib/ndb/common adalah untuk definisi port standard dan yang
lain; file-file yang lain yang berisi konfigurasi sistem aktual.
STRUKTUR PENYIMPANAN
Secara leksikal, suatu penyimpanan adalah sebuah baris yang unidented diikuti oleh
sejumlah baris yang idented (rangkap dua). Jadi sebuah baris yang unidented, baris
kosong, atau comment line (baris komentar) (yang dimulai dengan #) mempunyai hasil
akhir sebuah penyimpanan.
Secara semantik, suatu penyimpanan adalah kumpulan tuple ``key=value''. Tuple pada
baris yang sama terikat lebih kuat daripada tuple pada baris yang berbeda, tetapi
umumnya hal tersebut tidak begitu penting.
Sebuah contoh penyimpanan adalah:
ip=10.247.62.235 ip=10.247.60.200 sys=lusitania ether=0060088bc416
proto=il
dom=lusitania.domain.dom
Penyimpanan ini mendefinisikan sebuah system yang bernama “lusitania” dengan alamat
ethernet yang dispesifikasikan, dua alamat IP, dan sebuah nama domain yang memenuhi
syarat. Tuple ``proto=il'' mengindikasikan bahwa system berbicaara tentang IL, pilihan
protokol transport Plan 9. Secara otomatis, system diasumsikan hanya untuk berbicara
TCP.
Atribut lain yang berguna mencakup:
auth
default Plan 9 authentication server (server
pembuktian default Plan 9)
cpu
default Plan 9 cpu server (cpu server default
Plan 9)
dns
default DNS server (can be more than one) (DNS
server default (dapat lebih dari satu)
dnsdomain
default DNS domain suffix (can be more than one)
( akhiran domain DNS yang default dapat lebih dari satu)
fs
default Plan 9 file server (file server Plan 9
yang default)
ipgw
IP gateway (gerbang IP)
ipmask
IP network mask (pelindung IP jaringan)
ipsubmask
IP subnetwork mask (pelindung IP sub jaringan)
ntp
default NTP server (server NTP yang default)
nntp
default NNTP server (server NNTP yang default)
smtp
default SMTP server (server SMTP yang default)
HIERARKI PERJALANAN IP
Kebanyakan informasi di dalam basis data tidak disimpan di dalam system penyimpanan.
Malahan, fungsi pencarian basis data ndbipinfo dan antar muka (interface) baris
komentar yang sederhana ndb/ipquery mengenal tentang IP jaringan hierarki.
Ketika sebuah atribut, katakana saja ‘fs’, dibutuhkan untuk sebuah system, proses
pencarian dimulai dengan melihat penyimpanan basis data sistem jaringan. Jika
mempunyai sebuah fs= entry, ndbipinfo mengembalikan nilai tersebut. Jika tidak,
ndbipinfo mencatat bahwa alamat IP sistem dan berjalan ke bawah IP hirarki melalui
basis data, dimulai dengan IP jaringan awal untuk alamat itu.
Secara spesifik, hal itu dimulai dengan default IP mask untuk alamat itu, menambahkan
alamat IP untuk menemukan IP jaringan awal. Seandainya alamat kita lebih tinggi dari
10.247.62.235. IP mask default untuk alamat tersebut adalah 255.0.0.0, jadi IP jaringan
default adalah 10.0.0.0.
Ndbipinfo melihat sebuah masukan ip=10.0.0.0.
dengan
sebuah
masukan
ipmask=255.0.0.0. Andaikan kita menemukan
ipnet=ten-net ip=10.0.0.0 ipmask=255.0.0.0
ipsubmask=255.255.255.0
smtp=mailserver.domain.dom
ntp=ntpserver.domain.dom
fs=myfs
Masukan berkata bahwa jaringan tersusun oleh sub jaringan yang lebih kecil dengan
mask 255.255.255.0, jadi kita melihat masukan IP jaringan 10.247.62.0 dengan mask
yang tepat. Seandainya kita menemukan ( nilai didalam ipnet=tuple yang tidak relevan)
ipnet=my-net ip=10.247.62.0 ipmask=255.255.255.0
fs=my-other-fs
ipgw=10.247.62.1
Karena tidak ada masukan ipsubmask, kita berhenti berjalan/mencari, mengembalikan
``my-other-fs'', karena itulah fs= entry untuk subnet terkecil yang kita dapat. Ssebagai
catatan bahwa masukan pemyimpanan my-net melebihi masukan penyimpanan ten-
net, hanya sebagai suatu fs= entry di dalam penyimpanan lusitania yang akan
melebihi keduanya. Jika kita tidak menemukan fs= entry di dalam my-net, kita akan
menggunakan ten-net.
Program ndb/ipquery baik untuk mengetes apa yang telah di set oleh jaringan anda
seperti yang anda inginkan, dan hirarki IP berjalan seperti yang diharapkan.
IP submask default ditentukan dengan angka pertama pada alamat:
0-127
255.0.0.0
128-191
255.255.0.0
192-223
255.255.255.0
224-239
Cadangan untuk alamat yang multicast
240-255
Cadangan untuk penggunaan yang akan datang
(Ini adalah standar internet, bukan standar Plan 9)
KONFIGURASI
Setelah membaca bagian awal, anda dapat memulai untuk mendefinisikan rancangan dari
jaringan anda. Suatu contoh konfigurasi ada di at /lib/ndb/local.complicated. Suatu
konfigurasi minimal dihadirkan di sini.
database=
file=/lib/ndb/local
file=/lib/ndb/common
ipnet=mynetwork ip=192.168.0.0 ipmask=255.255.255.0
ipgw=192.168.0.1
dns=1.2.3.4
auth=mauretania
proto=il
ip=192.168.0.2 sys=mauretania
ip=192.168.0.3 sys=aquitania
Di contoh ini kami mensetup mesin 'mauretania' sebagai mesin Plan 9 pertama kami dan
menjadikannya server authentikasi untuk 192.168.0.x subnet kami. Kami akan
memberikan mesin kami alamat IP 192.168.0.2.
Jika anda tidak berminat untuk mempunyai koneksi internet anda dapat menghilangkan
ipgw dan dns. Hal ini hanya meninggalkan proto=il tanpa penjelasan, dan untuk saat ini
kami hanya akan mengatakan itu penting.
IPCONFIG
Sebagai catatan bahwa di atas kami telah mendefinisikan dua sistem, yang satu adalah
'mauretania', dan yang lain disebut 'aquitania'. Bagaimana Plan 9 memastikan bahwa
mesin kami menggunakan 'mauretania'? Jawabannya adalah ip/config.
Ketika suatu mesin Plan 9 mem-boot, mesin itu akan menjalankan konfigurasi script
/rc/bin/termrc or /rc/bin/cpurc, tergantung apakah itu adalah terminal atau server CPU.
Di dalam /rc/bin/termrc anda akan menemukan baris
ip/ipconfig >/dev/null >[2=1]
Baris ini mengakibatkan mesin mencari server DHCP untuk men-supply-nya dengan
konfigurasi informasi. Anda dapat men-set up CPU/autentifikasi server Plan 9 untuk
menjalankan server DHCP. Ketika anda melakukan hal ini, server akan mencari basis
data jaringannya dan menyediakan konfigurasi default-nya.
Meskipun demikian, selalu ada informasi yang tidak cukup untuk memberikan IP yang
pasti untuk suatu mesin yang spesifik. Salah satu cara melakukan hal ini adalah untuk
menyatukan suatu konfigurasi yang spesifik ke suatu alamat jaringan card's MAC yang
spesifik. Setiap kartu jaringan fisik diberikan sebuah alamat MAC yang unik selama
proses manufaktur. Anda dapat menemukan alamat kartu MAC anda dengan mengetik
baris
cat /net/ether0/addr
(Jika tidak terdapat sebuah direktori /net/ether0 maka Plan 9 tidak akan menemukan suatu
ethernet card (kartu ethernet) dalam sistem anda.) Sekarang anda dapat menambahkan
alamat MAC sebagai suatu atribut pada baris konfigurasi seperti di dalam ndb.
ip=192.168.0.2 sys=mauretania ether=abc12345def
dimana 'abc12345def' adlah alamat MAC. Tentu saja jika tidak terdapat server Plan 9
pada jaringan maka metode ini tidak akan berhasil. Ketika men-setting up mesin Plan 9
pertama anda, anda dapat memodifikasi baris ip/ipconfig untuk menspesifikasi
gateway tertentu, ip, dan ip-mask untuk digunakan.
ip/ipconfig -g 192.168.0.1 ether /net/ether0 192.168.0.2 255.255.255.0
Sekarang anda mempunyai informasi yang cukup untuk mengikuti instruksi pada
Configuring a Standalone CPU Server. Ia akan membimbing dalam men-set up sebuah
sistem yang sesuai seperti kombinasi server CPU. Server autentifikasi, server DHCP, dan
bahkan server kfs(file). Untuk file server yang tepat lihat Installing a Plan 9 file server.

Alat dan bahan membuat jaringan

• Kabel UTP : 1 roll * @700000 = Rp. 700.000
• Konektor RJ 45 : 1box = Rp. 25.000
• Switch 24 Port : 2 * @ 700000 = Rp.1400.000
• Etherned Card : 30 * @30000 = Rp. 900.000
• Tang Crimping : 2 * @ 75000 = Rp. 150.000
• Kabel Tester : 1 buah = Rp. 50.000

0 komentar

Posting Komentar